Rabu, 04 Maret 2015

Hubungan Etika dan Kode Etik

Etika merupakan cakupan dari analisis dan penerapan konsep seperti benar - salah, baik-buruk, dan tanggung jawab. Dimana etika merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani. Yang berati dari kebiasaan.

Sifat-sifat Etika:

1.      Non-empris Filsafat: digolongkan sebagai ilmu non empiris. Ilmu empiris adalah ilmu yang didasarkan pada fakta atau yang kongkret.

2.      Praktis cabang-cabang filsafat : berbicara mengenai sesuatu "yang ada". Misalnya filsafat hukum mempelajari apa itu hukum. Akan tetapi etika tidak terbatas pada itu, melainkan bertanya tentang "apa yang harus dilakukan".

Menurut pandangan para ahli pengertian kode etik adalah sebagai berikut :

· Drs. O. P. SIMORANGKIR, etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku  menurut ukuran dan nilai yang baik.

· Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat, etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.

· Drs. H. Burhanudin Salam, etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.

            Sedangkan Kode Etik perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Tujuan kode etik yaitu agar professional memberikan  jasa sebaik-baiknya kepada pemakai. Dengan adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak professional.

Pengertian Kode Etik menurut Hornby, dkk. (1962) mendefinisikan kode etik secara leksikal sebagai berikut :

1) sistem aturan dan prinsip - prinsip yang diterima oleh masyarakat atau sebuah kelas atau sekelompok orang

2) Etik merupakan sistem dari prinsip-prinsip moral, aturan dari tingkah laku. Secara harfiah, "kode" artinya aturan, dan "etik" artinya kesopanan (tata susila), atau hal- hal yang berhubungan dengan kesusilaan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Jadi adanya kode etik dan etika sangat berhubungan guna mengatur hidup manusia dalam bertingkah laku supaya sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat.



http://dindinblogs.blogspot.com/2013/04/pengertian-etika-profesi.html?m=1

http://thisisfirman.blogspot.com/2012/03/etika-profesi-kode-etik.html?m=1

http://www.academia.edu/4727293/MAKNA_KODE_ETIK_PROFESI_GURU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar